Download Contoh Pendahuluan Makalah File Doc

Download Contoh Pendahuluan Makalah File Doc - Hai sobat Blog Tugas Sekolahku, senang sekali bisa berbagi untuk mengerjakan tugas sekolah dengan kalian semua. Pada sharing tugas sekolah kali ini yang berjudul Download Contoh Pendahuluan Makalah File Doc, saya telah menyediakan artikelnya dengan sepenuh hati. Mudah-mudahan isi postingan Tugas Sekolah yang saya tulis ini dapat sobat manfaatkan.
Ok, here we go...

lihat juga


Download Contoh Pendahuluan Makalah File Doc

Berikut ini adalah contoh pendahuluan makalah.

CONTOH 1

PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
Terampil berbahasa berarti cakap atau mampu menggunakan bahasa tertentu untuk berkomunikasi, baik secara lisan maupun tulis secara baik dan benar.
Berbahasa secara baik berarti berbahasa yang kita gunakan sesuai dengan tuntutan keadaan, dengan siapa kita berkomunikasi dan dalam situasi  yang bagaimana komunikasi itu berlangsung (akrab, santai, resmi).
Berbahasa secara benar berarti bahasa yang kita gunakan sesuai dengan tata bahasa yang atau kaidah bahasa yang berlaku setiap satuan kebahasaan yang mengandung pikiran yang lengkap di sebut kalimat.
Kelengkapan pikiran pada sebuah kalimat ditandai dengan tuntasnya intonasi atau keberadaan subjek, predikat atau gabungan subjek dan predikat.

B.    Tujuan
1.    Memahami kalimat efektif
2.  Mengetahui sebuah paragraph


CONTOH 2


PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang
Bahasa merupakan alat yang digunakan oleh manusia pada umumnya untuk berkomunikasi antara satu sama lain. Dengan bahasa manusia dapat mengerti satu sama lain mengenai berbagai macam hal. Tanpa adanya bahasa manusia tidak akan mungkin dapat berkembang, oleh karena itu dengan diciptakannya bahasa manusia dapat berpikir dengan cermat dan menjadi pintar.
Bahasa juga diciptakan dalam berbagai macam. Karena kita hidup di negara Indonesia oleh sebab itu bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia juga digunakan sebagai alat pengembangan nasional. Selain sebagai alat pengembangan nasional, bahasa Indonesia juga digunakan sebagai bahasa negara dan bahasa nasional. Sementara itu fungsi bahasa Indonesia adalah sebagai berikut :
1.    Sebagai lambang negara.
2.    Lambang identitas negara.
3.    Alat penghubung antarwarga, antardaerah, antarbudaya.
4.    Menyatukan berbagai suku bangsa dengan latar belakang yang berbeda-beda.
Dalam karya tulis ini saya membahas bahasa Indonesia dalam bahasa jurnalistik di sebut juga bahasa media massa. Bahasa Indonesia merupakan alat yang dapat digunakan sebagai bahasa media massa untuk menunjang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penyajian bahasa media massa sangatlah komunikatif dan spesifik. Komunikatif artinya dalam penyampaian sebuah persoalan langsung ke pokok inti persoalannya dan dapat dimengerti oleh para pembaca. Spesifik artinya penyampaian kata-kata yang disajikan singkat padat namun dapat dimengerti oleh para pembaca, tidak memakai kata-kata yang terlalu bertele-tele atau yang bisa disebut dengan pemborosan kata.
Untuk itu, karya tulis ini dibuat untuk lebih memperdalam dan menjelaskan bahasa indonesia dalam bahasa Jurnalistik (Media Massa).

1.2       Identifikasi Masalah

Pertanyaan-pertanyaan mengenai masalah bahasa jurnalistik (media masa) akan diuraikan dalam beberapa point sebagai berikut.
    1. Apakah pengertian bahasa jurnalistik (media massa) sama bagi para ahli nya ?
    2. Apa saja kah penyimpangan yang biasa ditemukan dalam bahasa Jurnalistik (media massa) ?
    3. Bagaimanakah penggunaan kata, kalimat dan alinea dalam bahasa Jurnalistik (media massa) ?

1.3       Rumusan Masalah

Bahasa jurnalistik (media massa) memiliki berbagai arti menurut beberapa ahli. Inti dari arti bahasa jurnalistik sebenarnya sama yaitu penggunaan bahasa nya mudah di mengerti bagi kalangan pembaca, tidak membedakan strata dan menggunakan kata-kata yang singkat, padat, dan lugas. Akan tetapi, terkadang masih di dapati kesalahan kata-kata di dalam media massa, hal tersebut akan dibahas lebih lanjut dalam karya tulis ini, mengapa bisa terjadi kesalahan dan apa saja bentuk-bentuk kesalahan dalam penulisan kata.

1.4       Tujuan

Tujuan dibuatnya karya tulis ini adalah untuk menuntaskan tugas akhir semester pada mata kuliah bahasa Indonesia, selain itu secara umum dibuatnya karya tulis ini adalah untuk lebih memahami bahasa, bahwa bahasa ternyata tidak hanya satu macam tetapi bermacam-macam dan salah satu nya adalah bahasa jurnalistik (media massa) yang di pilih menjadi judul karya tulis oleh si penulis.

1.5       Manfaat

            Manfaat yang dapat diperoleh dari karya tulis ini adalah sebagai berikut :
  1. Mengetahui lebih dalam mengenai penggunaan bahasa Indonesia dalam bahasa jurnalistik (media massa).
  2. Mengetahui masih adanya penyimpangan-penyimpangan penggunaan bahasa jurnalistik (media massa).
  3. Mengetahui bagaimana seharusnya penggunaan kata, kalimat, dan alinea dalam bahasa jurnalistik (media massa).

1.6       Hipotesis

Seperti yang telah kita ketahui bahasa Indonesia merupakan lambang negara dan digunakan sebagai bahasa nasional, yaitu bahasa yang menyatukan berbagai suku bangsa dengan latar belakang yang berbeda-beda.
Bahasa Indonesia juga digunakan sebagai alat komunikasi bukan hanya melalui lisan (ucapan), akan tetapi bahasa Indonesia bisa dikembangkan dengan melakukan komunikasi melalui berbagai cara atau menggunakan media, dan di dalam karya tulis ini penulis membahas bahasa Indonesia dalam bahasa jurnalistik (media massa).

1.7       Sumber Data

Penulis mencari sumber data dengan menggunakan sarana internet, misal http://ghembiel09.blogspot.com/2010/11/peranan-bahasa-indonesia-dalam.html
dari website tersebut penulis mendapatkan referensi tambahan mengenai pembahasan masalah yang akan penulis tulis dalam karya tulis ini yang diberikan judul “Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Bahasa Jurnalistik”.

1.8       Metode Penulisan

Dalam karya tulis ini penulis menggunakan metode komparatif, yaitu penulis membandingkan dan menganalisis data dari dua sumber yang berbeda. Penulis mencari data melalui media internet, membandingkan dan menganalisis data dari berbagai sumber. Akan tetapi, hasil yang di dapat dari penulis tidak langsung meng copy-paste saja dari internet, hasil tersebut dianalisis dan dibandingkan dengan hasil yang lain, kemudian diulas kembali dengan bahasa yang berbeda, yaitu bahasa yang digunakan oleh penulis.


Untuk download file doc dari artikel Download Contoh Pendahuluan Makalah ini silahkan pilih download link dibawah ini. Nanti sobat akan diarahkan langsung ke google drive.


loading...


Demikianlah Artikel Download Contoh Pendahuluan Makalah File Doc

Sekian artikel Download Contoh Pendahuluan Makalah File Doc, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk sobat semua. Dan jangan lupa bagikan ke teman-teman lainnya yang membutuhkan artikel Download Contoh Pendahuluan Makalah File Doc ini yah.

Anda sedang membaca artikel Download Contoh Pendahuluan Makalah File Doc dan artikel ini url permalinknya adalah http://prdantugassekolahku.blogspot.com/2017/03/download-contoh-pendahuluan-makalah.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Download Contoh Pendahuluan Makalah File Doc"

Post a Comment

loading...