Contoh Surat Motivasi Untuk Melamar Beasiswa

Contoh Surat Motivasi Untuk Melamar Beasiswa - Hai sobat Blog Tugas Sekolahku, senang sekali bisa berbagi untuk mengerjakan tugas sekolah dengan kalian semua. Pada sharing tugas sekolah kali ini yang berjudul Contoh Surat Motivasi Untuk Melamar Beasiswa, saya telah menyediakan artikelnya dengan sepenuh hati. Mudah-mudahan isi postingan Tugas Sekolah yang saya tulis ini dapat sobat manfaatkan.
Ok, here we go...

lihat juga


Contoh Surat Motivasi Untuk Melamar Beasiswa

Contoh Surat Motivasi Untuk Melamar Beasiswa
Contoh Surat Motivasi Untuk Melamar Beasiswa - Melanjutkan pendidikan dengan melangkah ke jenjang universitas tentu saja merupakan sebuah hal yang membanggakan bagi kita. Sebab dengan mengeyam pendidikan yang lebih tinggi, maka kita akan mendapatkan ilmu yang lebih banyak lagi. Selain dengan menggunakan biaya sendiri, anda juga dapat menempuh jalur beasiswa untuk dapat melanjutkan pendidikan tersebut.

Nah untuk dapat mewujudkannya, anda bisa membuat surat motivasi untuk melamar beasiswa. Surat motivasi ini biasa juga disebut dengan statement of purpose. Surat ini merupakan sebuah surat pernyataan pribadi yang mengungkapkan dan menjelaskan diri kita yang sebenarnya. Di surat itu juga hendaknya dituliskan beberapa hal yang mempengaruhi perjalanan karir, apa rencana setelah melanjutkan pendidikan, serta prestasi yang sudah digapai selama ini.

Berikut ini kami akan memberikan beberapa langkah untuk menulis surat motivasi. Perlu untuk anda ketahui isi pokok dari surat motivasi. Berikut adalah penjelasannya.

1. Tuliskan apa saja hal yang telah membentuk diri anda seperti saat ini. Perlu juga anda jelaskan siapakah anda seperti yang saat ini. Intinya adalah berikan gambaran mengenai diri pribadi anda secara menyeluruh.

2. Jelaskan apa alasan yang melatarbelakangai keinginan anda untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat studi berikutnya.

3. Selanjutnya berikan penjelasan mengenai motivasi anda untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Berikan pula alasan mengenai alasan dan motivasi anda anda untuk melakukan hal tersebut.

4. Jika anda memilih untuk mendapatkan beasiswa dari luar negeri, maka jelaskan mengapa anda memilih negara tersebut untuk melanjutkan pendidikan tersebut.

Contoh Surat Motivasi Untuk Melamar Beasiswa

Dan berikut ini adalah cara dan langkah-langkah untuk menulis surat motivasi.

1. Yang pertama untuk anda lakukan adalah luangkan waktu anda untuk berpikir tentang diri Anda, tujuan Anda dan keterampilan anda.

2. Kemudian renungkan mengenai latar belakang pendidikan yang telah anda tempuh termasuk jurusan yang telah anda ambil. Kemudian pikirkan pula bagaimana latar belakang itu dapat membuat anda menjadi kandidat yang sesuai untuk program studi yang anda lamar tersebut. Dengan kata lain sebutkan mengapa anda pantas terpilih menerima beasiswa tersebut.

3. Tuliskan mengenai hal apa yang akan anda lakukan setelah anda menyelesaikan pendidikan anda. Dan jelaskan pula mengapa tujuan karir anda berkaitan dengan program studi yang akan anda lamar tersebut.

4. Kemudian pada bagian rencana karir tersebut, jelaskan mengenai mengapa secara tepat anda memilih perguruan tinggi atau universitas yang anda tuju berikut pula program studi tertentu pilihan anda.

5. Untuk lebih meyakinkan mengenai beasiswa yang anda incar, maka buatlah pernyataan mengenai kontribusi apa yang dapat anda berikan, juga bagi program studi yang akan anda lamar tersebut.

Contoh Surat Motivasi Untuk Melamar Beasiswa

Itulah beberapa cara dan langkah untuk menulis surat motivasi untuk melamar beasiswa. Perlu anda ingat bahwa setelah menulis draf pertama, hendaknya baca kembali surat yang anda tulis tersebut. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki tulisan dan kata-kata yang anda tulis tersebut. Semoga bermanfaat dan semoga rencana anda untuk mendapatkan beasiswa dapat dikabulkan.
loading...


Demikianlah Artikel Contoh Surat Motivasi Untuk Melamar Beasiswa

Sekian artikel Contoh Surat Motivasi Untuk Melamar Beasiswa, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk sobat semua. Dan jangan lupa bagikan ke teman-teman lainnya yang membutuhkan artikel Contoh Surat Motivasi Untuk Melamar Beasiswa ini yah.

Anda sedang membaca artikel Contoh Surat Motivasi Untuk Melamar Beasiswa dan artikel ini url permalinknya adalah http://prdantugassekolahku.blogspot.com/2017/04/contoh-surat-motivasi-untuk-melamar.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Contoh Surat Motivasi Untuk Melamar Beasiswa"

Post a Comment

loading...